Nonton The Wings Tour 2017 BTS Live Trilogy Episode III In Jakarta – Part II

^^!) Konsernya sudah berlalu hampir dua minggu dan saya baru post sekarang, hehe kelamaan ya. Gak apa-apa deh, toh kan yang Manila baru berlangsung tiga hari lalu *ngeles*.

Kim Namjoon! Kim Seokjin! Min Yoongi! Jung Hoseok! Park Jimin! Kim Taehyung! Jeon Jungkook! BTS!

(^0^) Hehehe post ini dibuka sama fanchants soalnya sampai sekarang aja saya masih belum lupa gimana kencangnya fanchants ini diteriakkan berulang kali; selama mengantri masuk venue, saat VCR ditayangkan untuk membuka konser, dan jeda antar bait yang dinyanyikan dalam lagu. Belum lagi jeritannya, ya ampun saya sempat ngeri juga gendang telinga saya pecah.

Btw saat menonton sebuah pertunjukan saya selalu lebih senang menikmatinya secara langsung dengan mata kepala sendiri, bukan melalui rekaman ponsel maupun kamera. Bukannya apa-apa, kalau menikmatinya cuma lewat layar ponsel atau kamera menurut saya jadi tidak ada bedanya dengan saya nonton Youtube. Paling kalau besok-besok mau nonton ulang, baru deh saya akan cari fancam yang banyak bertebaran di Youtube.

Seperti umumnya konser kPop, VCR berbagai video musik BTS dan sebuah video khusus yang bercerita tentang benang merah dalam album Wings mengawali konser sebelum masuk ke lagu pertama. Jeritan di sana sini membahana hanya dengan melihat VCR tersebut, sedangkan saya merasa cukup bersuara pelan “aawhh..” atau “astagaah keren bangeett”. Saya memilih menghemat suara dan tenaga aja deh, toh cuma VCR kan yang nongol, BTS nya belum kelihatan.

Not Today adalah lagu pertama yang dilantunkan BTS untuk menghentak para fans dalam histeria. Sumpah, rasanya saya nyaris nggak bisa mendengar suara BTS dengan jelas saking seluruh venue menjerit semua. Bertahanlah wahai gendang telinga >.<. BTS mengenakan kostum denim dengan celana hitam yang simple tapi keren abis. Ada sedikit detail yang membedakan kostum beberapa member dari member lainnya; seperti Rap Monster yang jaketnya lebih panjang dan lebih oversize dari yang dipakai member lainnya, dan Jimin-Taehyung-Suga pakai ripped jeans, plus Taehyung pakai bandana menyesuaikan penampilannya seperti era MV Not Today.

Selesai menyanyikan lagu pertama, BTS mengucapkan salam dan perkenalan sebentar dalam Bahasa Inggris, lalu lanjut membawakan tiga lagu berturut-turut; Am I Wrong -yang diambil dari album terbaru mereka Wings-, Baepsae -dari album The Most Beautiful Moment In Life Part. 2-, dan Dope -dari album The Most Beautiful In Life Part 1. Aaahh, saya suka banget ketiga lagu ini! Iramanya seru, rapnya enak dan koreografinya Baepsae yang mengumbar hentakan pinggul itu dongg…. beneran mengurangi umur jantung seluruh penonton malam itu deh.

Berhubung saya sudah sempat cari tahu setlist lagu mereka jadi saya sudah ngeh kalau berikutnya adalah penampilan solo dari masing-masing member BTS. Dimulai dari Jungkook nyanyi Begin dengan jas bling-blingnya diikuti Jimin yang menghipnotis dengan Lie (btw pinter nih stylistnya ngasih Jimin baju yang bagian lehernya rendah gitu). Beruntung banget rasanya bisa nonton langsung Kookie’s footwork coreography, Chims’s theatrical performance, bukan hanya lewat Youtube kaya biasa. Berikutnya penampilan solonya Suga nyanyi First Love. Entah kenapa ya setiap dengerin lagu ini bawaannya mau nangis, menurut saya solo track Suga adalah yang terdengar paling emosional di album Wings. Dan versi livenya juga menurut saya yang memberi kesan paling deep dibanding member lainnya. Mungkin karena cara dia ngerap di lagu ini mirip orang ngomong daripada cara dia ngerap biasanya, jadi kesannya seolah dia betul-betul lagi bercerita langsung secara pribadi gitu. Dan suka banget karena ada pemain cello dan biola, plus efek asap yang disorot lighting berwarna kemerahan, bikin keseluruhan penampilan Suga semakin dramatis.

Memasuki lagu ketujuh, Lost, yang dinyanyikan vocal line Jin-Jimin-Taehyung-Jungkook, tiba-tiba saya merasa lapar. Sumpah konyol banget nggak sih, walaupun sebetulnya masuk akal karena sudah lewat berjam-jam lalu sejak terakhir saya makan. Tadinya sih saya mau cuekin aja perut yang mulai kruyukan, tapi di sekeliling saya lihat banyak yang tumbang dan dibawa keluar oleh petugas. Karena tidak ingin jadi salah satu dari yang tumbang dan tidak bisa menikmati konser sampai selesai, saya pun memutuskan keluar dari arena konser dan memilih mengisi perut. Biarin deh lebih baik ninggalin satu dua lagu daripada nggak bisa nonton sampai kelar, begitu yang saya pikir waktu itu. Toh sebenarnya tempat makan juga masih di dalam venue, hanya dipisahkan pembatas saja dan suara BTS juga masih jelas terdengar. Anggap saja mereka nyanyi menemani saya makan hahahah. Apalagi Rap Monster tampil solo saat saya lagi sibuk mengunyah. Sumpah nggak ada bandingannya deh mengunyah sambil denger langsung RapMon nyanyi lirik ini “I wish I could love myself”.

Total saya melewatkan tiga lagu dan kembali masuk tepat saat penampilan solo Taehyung akan dimulai. Stigma yang merupakan solo track Taehyung adalah salah satu yang paling saya tunggu karena penasaran setengah mati mau melihat langsung dia menyanyikan nada tingginya yang fenomenal di lagu itu. Dan asli nggak mengecewakan deh anak ini beneran. Suaranya, nada tingginya, cara menyanyinya, ekspresinya saat menyanyi, semuanya luar biasa mengagumkan. Menurut saya Taehyung betul-betul menunjukkan perkembangan melalui lagu ini, bukan hanya secara vokal, tetapi juga mental dan caranya tampil di panggung. Buat yang mengikuti BTS sejak awal pasti menyadari perkembangan Taehyung sampai di titik ini.

J-Hope’s solo performance…wow. Sebelum bahas tentang live performancenya saya mau bahas sedikit tentang lagunya. Para fans tahu solo track J-Hope menceritakan tentang dukungan sang ibu yang tidak pernah surut sejak sebelum J-Hope terkenal seperti sekarang. Lagu ini sebetulnya memiliki makna yang tidak kalah deep dengan solo track member lainnya. Yang luar biasa adalah cara J-Hope menulis lagu yang sarat emosi dengan membubuhkan kepribadiannya yang periang, dan menjadikan lagu ini bisa dinikmati dengan bergoyang padahal liriknya dalem abis.

Hey mama
You can lean on me now, always by my side
Hey mama
You gave to me unconditionally,
You were my support
Hey mama
Now trust your son, you can smile

Hey mama
I’m sorry mama
For realizing now how much you’ve done for me, mama

Sumpah liriknya bikin inget emak bangetlah. Dan entah kenapa saya merasa bangga aja karena J-Hope sukses menggoyang seluruh venue ketika semua penonton kompak menyanyi bersama, seolah seluruh venue menyanyikan lirik mendalam itu untuk ibu masing-masing (oke kadang saya suka kelewat peka sendiri). Saya sangat sangat menikmati live performancenya, menurut saya dia yang tampil paling rileks dan tampak paling menikmati penampilan solonya. Mungkin karena memang pembawaannya yang periang dan kocak, atau mungkin karena dia menyanyikan isi hatinya untuk orang paling penting dalam hidupnya, yang jelas saya memandang sosok J-Hope dalam level yang berbeda sejak itu.

Penampilan solo masing-masing member diakhiri Jin yang menyanyikan Awake. Setelah mendengarkan langsung Jin menyanyi live saya langsung berpikir siapa sih yang bilang kalau dia nggak bisa nyanyi dan suaranya jelek makanya jarang kebagian lirik panjang di lagu-lagu BTS. Beneran deh kupingnya nggak berfungsi apa gimana ya orang yang bilang begitu. Menurut saya suara Jin nggak ada masalah, nggak fals ataupun meleset nadanya, bahkan nada tingginya juga indah. Mungkin karena musik BTS kental genre hip-hop sedangkan suara Jin yang lebih cocok untuk pop dan ballad menjadikan dia jarang dapat part panjang dan berulang seperti Jungkook yang suaranya lebih versatile dan bisa cocok di banyak genre, atau Jimin yang suara dan cara menyanyinya juga variatif jadi masih lebih banyak kebagian menyanyi. Tapi coba dengarkan lagu-lagu BTS yang ballad, Jin sama sekali tidak mengecewakan kok. Kalau Jungkook dan Jimin seringkali terdengar menyanyi sambil seolah menyeret napas (if you know what i mean) sampai bikin kita berpikir mereka pasti capek sekali karena napasnya begitu, menurut saya Jin tidak pernah terdengar seperti itu. Btw ini penilaian objektif dari seseorang yang awam dengan teknik menyanyi yang baik dan benar ya, cuma mengandalkan pendengaran saja.

Selesai penampilan solo masing-masing member, sebuah VCR ditampilkan kembali dan kemudian dilanjutkan kemunculan rapper line Rap Monster-Suga-J Hope menyanyikan full rap mereka Cypher Part 4. Sebelum tampil untuk lagu berikutnya, BTS sempat berganti kostum mengenakan setelan berwarna merah, yang pas banget karena lagu berikutnya itu Fire. Oh my… rasanya seluruh venue berguncang bergemuruh selagi BTS membawakan lagu ini. Fanchants yang rapi mengisi jeda dalam lagu, nyanyian kompak seluruh penonton, ditambah penampilan BTS sendiri yang powerful abis di lagu ini, serius menurut saya ini salah satu penampilan terkeren mereka selama konser. Mungkin venue di Jakarta masih kalah besar ketimbang venue Wings Tour di Bangkok dan Manila, tapi antusiasmenya nggak kalah menurut saya.

Selesai dengan Fire, BTS lagi-lagi membuat penonton girang luar biasa plus histeris karena mereka menyapa dan berbicara dalam Bahasa Indonesia. Gaahhh… saya menjerit kencang nggak habis-habis deh di sini, karena sumpah talk session ini mengharukan, menyenangkan sekaligus kocak abis. Saya salut karena BTS tidak hanya sekedar mengucapkan kata-kata sederhana dan umum yang biasa diucapkan artis asing kala konser di Jakarta, seperti “Apa kabar?”, “Aku cinta kamu” dan sejenisnya. Mereka mengucapkan kalimat-kalimat yang lumayan panjang dengan pengucapan yang baik dan benar (mungkin karena lidah mereka juga lidah Asia ya jadi nggak seribet kalau artis non Asia ngomongnya?), sepertinya mereka betul-betul mempelajari pengucapan dan makna dari kalimat-kalimat tersebut, karena mereka ngomong dengan intonasi yang pas bukan datar macam bacain hafalan. Sebetulnya banyak kalimat dan pesan dalam Bahasa Indonesia yang mereka sampaikan selama konser berlangsung, tapi yang paling membekas (eciyehh membekas) yang ini:

SUGA: Ini konser pertama kami di Jakarta. Kalian suka? Suka? Mantap >> lucunya dia ngucapinnya Mantab. Untuk Suga yang biasanya jarang ngomong, ini rekor dah. Ekspresinya pas bilang ‘Mantap’ itu asli beda banget sama ekspresinya yang biasanya cuek dan ngantukan melulu
JIN: Saya pernah ke Sulawesi. Sulawesi sangat indah. Tapi Jakarta juga indah. Aku cinta Jakarta. Aku cinta kalian! >> antara mau nangis sekaligus ketawa denger Jin bilang begini. Dari cara bicaranya kentara orangnya sopan
J-HOPE: Indonesia ARMY, terimakasih telah menjadi sayap kami. Karena kalian kami bisa terbang. Kita akan terbang bersama selamanya. >> banjir aer mata lah di sini udah. Hobi mah pinter dah ngaduk emosi, sebentar bikin girang, sebentar bikin terhura. Mana ekspresinya bahagia banget, senyumnya super tulus pas ngomong itu. O mai gaatt my hearteu, J Hoooopppeeeee!!!
RAP MONSTER: Sangat senang bisa ke Jakarta. Aku akan kangen kalian. Indonesia ARMY indah sekali! >> gyaahh uri leader (^0^)!! Pesonamu, logat bulemu, sikap dewasamu warbiyasak dah. Matek dah kalo dia udah charming mode on begini, lupa aegyo konyol ala Pink Monster di Weekly Idol, lupa kalo dia itu God of Destruction hahahahah.
TAEHYUNG: Sayang sekali waktunya sudah mau habis. Kuharap konser ini tidak akan selesai, iya kan? Terimakasih sudah menemani bersama. Aku cinta kalian! >> Dari semua member BTS, menurut saya Taehyung adalah yang terdengar paling baik Bahasa Indonesia-nya. Malah sampai ada komentar di sosial media kalau Taehyung udah mirip pribumi aja ngomongnya, mungkin kalau lebih lama lagi di sini udah bisa dibawa pulang ketemu ortu *eaa…ngarep maksimal ARMY yang komen ini mah*.

Banyak video fancam bertebaran di dunia maya BTS ngomong Bahasa Indonesia, yang penasaran dan yang kangen (atau baper?) silakan diburu deh yaa. Saya nggak masukin ucapan Bahasa Indonesia dari Jimin dan Jungkook, karena saya terlalu sibuk mandangin Chims yang ngomong dengan gaya malu2-tapi manis-sekaligus membunuh khalayak karena terlalu seksi sampai saya kurang perhatiin dia bilang apa >.< (please Chims, i still want to live), sedangkan Kookie juga saya lupa dia bilang apa, yang saya ingat cuma dia sempat salah ngomong dan ribet sendiri tapi akhirnya berhasil mengucapkan kalimatnya (salfok sama kulitnya yang agak tan malam itu plus rambutnya yang kelihatan lembuuutt banget, gaaahhh!)

Masih menggunakan kostum setelan merah mereka, BTS membawakan medley dari album-album terdahulu sebanyak tujuh lagu; N.O-No More Dream-Boy In Luv-Danger-RUN-War of Hormone-21st Century Girl sebelum mereka berganti kostum untuk penampilan selanjutnya.

J-Hope memulai penampilan selanjutnya dengan Intro: Boy Meets Evil, dimana dia menarikan koreografi super powerful dan rumit persis di comeback trailer untuk album Wings. Takjub banget sama Hobi, ni orang energinya nggak abis-abis apa gimana, nyanyi-ngerap-nari-ngelawak gas teruussss Hobiiii (^0^). Daan…. yang berikutnya udah jelas salah satu lagu yang paling ditunggu, the super catchy Blood Sweat & Tears, finalllyyyyy liat langsung mereka nyanyi lagu ini plus koreografi yang bikin pusing-khilaf-mules-pingsan berkali-kali. The RapMon ‘peaches and cream…’ part though, Masya Allah Kookieeee you’re too damn haawwtt for a twenty y.o *megap-megap*. And Taehyung’s ‘nae pi ttam nunmul’ part, when Kookie and Chims did the handstand, gaaahhhhh mimisan-muntah pelangi-asma kambuh!!! Sumpah ya itu yang namanya jeritan, gilak deh. Barangkali seluruh penonton pada bawa paru-paru cadangan dan tenggorokan tambahan malam itu.

Sebelum Blood, Sweat & Tears dinyanyikan, RapMon sempat ‘berpura-pura’ mengakhiri konser dengan bilang, “This is our last song.”. Yea rite, like all people here gonna buy that huh? Penonton mah udah tahu masih ada tiga lagu lagi yang belum dibawakan; Outro:Wings, 2!3! (Hoping For More Good Days), dan Spring Day. Selain setlist lagu yang beredar di Twitter, pastinya penonton juga tahu dari video fancam Wings Tour yang beredar di Youtube. Ketiga lagu penutup memberikan kesan tersendiri buat penonton karena banyaaaaakkk banget momen dimana masing-masing member berkeliling sampai ke ujung panggung untuk menatap langsung (serius, menatap langsung yang dekeeettt banget), mengambil souvenir yang bertebaran, bahkan berjongkok di bibir panggung dan menatap atau tersenyum lamaaa (ehm..yang berhasil motret dan merekam jarak dekat gitu, masih bisa napas kah?).

Yang disayangkan dari Wings Tour Jakarta cuma promotor yang kurang rapi dan kurang koordinasi dalam menyelenggarakan acara ini, dan juga ehm.. venue yang kurang besar mungkin. Melihat Wings Tour Bangkok dan Manila, kedua negara tersebut terlihat royal mempromosikan acara ini, sedangkan di sini promotor terkesan pelit dan kurang kreatif dalam membuat materi promosinya. Boro-boro deh ARMY Bomb terbesar di dunia seperti di Manila, spanduk aja nggak ada di lingkungan ICE. Cuma ada satu banner BTS Wings Tour dan itupun terletak di pintu masuk hall. Check out what Philippine’s ARMY made for BTS The Biggest ARMY Bomb For BTS Dan kalau dilihat sih venue Bangkok dan Manila juga jauh lebih besar daripada Jakarta.

C-GCNBzVwAAr93F

credit: @hitmanB

Bang PD-nim pasti luar biasa bangga sama anak-anak asuhannya sampai posting langsung video venue Bangkok. Gilak, Day 2 aja masih sepenuh itu, apa kabar Day 1 sodara-sodara??

f59f56f7c6f7cc39ba7f56cf547630df

credit: Pinterest

Perasaan saya aja atau memang venue Manila ini gedenya warbiyasak?

c454457e7a5e01e43eda37b65371c7b04ed2b7ab_hq

credit: i_am_bangtaned aminoapps

Dan ini ICE yang terlihat ‘mungil’ nggak sih dibanding kedua venue di atas?

Sekian oleh-oleh dari Wings Tour Jakarta ^_^, thank you for reading

 

2 thoughts on “Nonton The Wings Tour 2017 BTS Live Trilogy Episode III In Jakarta – Part II

Tinggalkan Balasan

