Nonton The Wings Tour 2017 BTS Live Trilogy Episode III in Jakarta-Part I

Hari Sabtu yang lalu saya sukses menonton konser BTS Wings Tour di Jakarta dan walaupun sudah berlalu sekitar 4 hari saya masih belum bisa move on dari mereka *rata-rata komentar yang saya temukan di medsos kurang lebih sama, tentang susahnya move on meskipun tu bocah-bocah udah pulang ke kampungnya*. Alhamdulillah suara cuma serak sepulang konser aja, nggak berlanjut sampai besoknya, plus sempet kemarin-kemarin kaki luar biasa pegal, terutama betis yang udah kaya digandulin beton aja rasanya.

Eniwei, sepertinya saya akan buat dua post saja supaya nggak terlalu panjang ya. Post pertama membahas serba serbi sebelum dan sesudah konser dan post kedua membahas tentang berlangsungnya konser itu sendiri. Shall we begin?

H-1 Hari Penukaran Tiket
Dari twitternya Yes24 Indonesia, saya tahu kalau penukaran tiket fisik akan dibuka tanggal 28 April mulai jam 10 pagi sampai jam 7 malam dan berlangsung sampai hari H. Saya sendiri beli tiketnya dari tiket.com bukan dari Yes24, dan sayangnya tidak ada pengumuman jelas soal jadwal penukaran tiket dari tiket.com. Memang sih ada email pengingat yang dikirim dari tiket.com, tapi tidak mencantumkan waktu yang detail seperti yang diinfokan sama Yes24.

Dari grup LINE saya menemukan teman untuk berangkat bareng ke penukaran tiket, kebetulan kita beli tiket yang sama sectionnya dan memutuskan berangkat jam 8 pagi ke ICE BSD naik KRL jurusan Serpong. Turun di Stasiun Rawabuntu lalu lanjut pakai taksi yang Alhamdulillah banyak di pintu masuk stasiun, kita sampai di venue sekitar jam 9.30, dan antrian sudah lumayan panjang.

bagian depan antriannya mulai dari tenda itu

antrian udah sepanjang ini padahal baru jam 9.30

Sumpah deh hari itu rasanya bersyukur banget karena keputusan kita tepat untuk berangkat pagi, soalnya makin siang makin penuh bok. Untungnya kita ngantri di sepanjang pelataran hall dan ada atapnya jadi nggak panas. Cuma pas sudah depan loket aja sempat kena panas tapi nggak lama.

yang bikin lama tuh kita diminta menulis nomor hape dan tanda tangan di tiket online sebelum ditukar sama tiket fisik

harga mahal nggak menjamin tiketnya pasti keren

Setelah mengantri selama 2,5 jam akhirnya tiket berhasil diperoleh di tangan. Sayang tiket fisiknya hanya berupa lembaran biasa gitu yang tipiiis aje sampe rasanya ngeri deh diterbangin angin yang lumayan kenceng di area venue. Padahal denger-denger Wings Tour di Bangkok aja bagus loh tiket fisiknya, di Indonesia kenapa gini doaangg >.<

Hari H
Di grup LINE sudah diinfokan kalau peserta trip ke venue harus berkumpul di depan SMA 6 Blok M jam 7 pagi. Saya bangun jauh lebih awal dari alarm yang saya pasang semalam sebelumnya, untungnya semalam saya tidur lebih awal, lumayanlah kurang lebih saya tidur sekitar 5 jam. Sarapan, mandi dan minum semua vitamin supaya fit seharian (padahal saya biasanya males banget loh minum vitamin), lalu berangkat jam 6.45 pakai taksi ke Blok M. Dari jam segitu aja udah beredar di LINE foto antrian yang udah mengular naga panjangnya, sumpah bikin ketar ketir aja. Sebetulnya itu campuran antara antrian yang mau penukaran tiket sama yang udah punya tiket fisik tapi kepingin datang pagi supaya bisa duluan masuk pas gate dibuka.

Kita tiba di venue sekitar jam 8.30 dan langsung ke toilet dulu karena nanti pasti ribet banget deh kalau sudah di antrian. Begitu mau gabung ke antrian bingung sendiri deh karena antriannya udah berlapis-lapis sampai bingung nyari ujung antriannya dimana. Untungnya saya nggak sendirian, seharian bareng terus sama teman yang kemarin nuker tiket. Untunglah kita satu trip dan satu section tiketnya jadi bisa gantian pas mau ke toilet, pas mau beli makan dan juga sebelahan pas udah masuk gate dan diatur panitia.

Ada kejadian lucu yang berulang pas lagi ngantri dan sempat membawa kita jauh ke barisan antrian depan padahal tadinya kita lumayan di belakang loh ngantrinya. Bayangin tadinya kita ngantri di depan hall 6, tiba-tiba karena kejadian konyol itu kita bisa maju sampai ke depan hall 3A, kurang beruntung apa coba hyahahahahah *ketawa sinting ngingetnya*. Terus apa memangnya kejadian lucunya yang terjadi berulang-ulang itu?

Jadi gini, kan di komplek ICE itu ada hotelnya juga tuh, Santika Premiere. Nah entah gimana ceritanya pas lagi anteng-antengnya di antrian, tiba-tiba yang di barisan depan kita tuh menjerit-jerit gitu. Rupanya di salah satu jendela kamar hotel tersebut keliatan ada orang yang berdiri sambil ngeliatin ke bawah ke arah antrian. Nah namapun ini antrian konser ya bok, ya kita pikir si artisnya udah dateng apa gimanalah ya jadilah yang barisan belakang pada lari meninggalkan barisannya dan bergabung bersama barisan depan yang histerisnya udah nggak jelas deh. Padahal kalau mau dipikir sih nggak mungkin mereka menginap di hotel itu karena hotelnya kecil banget bok, sedangkan namanya artis kan pasti rombongan dan bawaannya buanyaakk banget. Well saya sempat termasuk yang terpancing dengan gerombolan histeris dan tak berakal sehat ini sih, karena jujur aja saya membiarkan imajinasi saya berkembang terlalu jauh sampai mengaburkan akal sehat. Untungnya cuma kepancing sekali karena yang berikut-berikutnya saya termasuk dalam gerombolan oportunis yang memanfaatkan keadaan dan mengambil barisan yang ditinggalkan. Hehe nggak salah dong ya? Kan kita tidak merebut barisan, kita cuma mengambil barisan yang ditinggalin sama pengantrinya.

thanks to gerombolan histeris kita bisa maju dari yang tadinya depan hall 6 ke hall 3, woot woot ^_^

Oh ya mungkin karena hari H ya, jadi selama ngantri sering terdengar fanchants di sana sini. Kalau lagi mau hemat suara dan tenaga sih saya nggak ikutan teriak meskipun mulut komat kamit hehehe.

Singkat cerita kita masuk venue jam 11. Sempat bingung juga sih kenapa kok udah disuruh masuk dari sepagi itu padahal konser dijadwalkan jam 18.30, tapi mungkin untuk memudahkan pengaturan jumlah penonton yang banyak. Apalagi dari sekian banyak penonton, ada mereka yang beruntung memenangkan undian nonton sound check dan mendapatkan jalur cepat masuk saat gate dibuka. Jadi dengan penonton disuruh masuk lebih awal, ya lebih mudah juga pensortiran penonton yang beruntung tadi dengan penonton yang biasa.

pemeriksaan di pintu masuk hall

Sayang beribu sayang karena kita hitungannya sudah masuk venue, makanan dan minuman yang ada di dalam tas tidak diperkenankan dibawa masuk alias kudu ditinggal di pintu masuk. Sebel juga sih karena saya bawa banyak snack dan minum plus cheeseburger, untuk antisipasi kalau merasa lapar di saat sedang dalam antrian, karena kan perkiraan awal tuh baru disuruh masuk sore-sore gitu. Memang sih di dalam tersedia kios makanan dan minuman, tapi ya tetep ngantrinya dong. Manalah setiap kios yang bikin makanannya cuma dua orang gitu, sementara yang pesan ribuan orang, biar kata petugasnya gantian tapi kalau tiap ngerjain pesanan cuma dua orang ya jenggotan juga nunggunya ih >.

Setelah berada di dalam hall, kita diberikan gelang bertuliskan nomor urutan dan diharuskan berada dalam barisan sesuai section tiket kita. Berhubung waktunya masih sangaaat panjang, rata-rata orang menghabiskan waktu dengan makan, ke toilet, ngobrol atau tidur. Sebisa mungkin saya nggak browsing atau main game di hape karena pengen menghemat baterai, meskipun saya juga sudah bawa power bank sih. Tapi untungnya nggak terasa bosan sih karena dari jam 12 kita bisa mendengar BTS melakukan sound check di hall depan kita yang dipisahkan pembatas. Ya Tuhaann, itu girangnya parah banget!! Setiap mereka mulai satu lagu pasti jeritan membahana di seluruh hall. Well saya sih nggak menyesal nggak menang undian nonton sound check mereka karena toh kedengeran jelas kok suara mereka. Btw salut sama BTS karena mereka sound check nggak hanya 2-3 lagu aja, tapi semua lagu yang akan dibawakan malam itu mereka nyanyikan juga saat sound check, walaupun cuma sampai reff.

selfie sembari nikmatin suara BTS yang lagi sound check

Sekitar jam 5 para pemenang undian jalur cepat mulai memasuki hall tempat konser akan dilangsungkan, dan sekitar jam 6 kurang baru giliran kita yang penonton biasa untuk masuk. Para staff promotor yang bertugas berulang kali mengingatkan kita untuk masuk satu-satu dan tidak berlarian menuju panggung, tapi yah tetep sih begitu berlalu dari pandangan petugas pada lari-lari supaya dapet tempat terdepan.

di balik pembatas berwarna putih itulah konser akan berlangsung

Selesai konser rasanya capeeekk banget, kaki pegel, pinggang rasanya mau copot aja. Berasa jompo banget dah pokoknya hahahahah. Kita jalan keluar menuju hall 10 untuk ketemuan sama peserta trip yang tadi datang barengan. Sambil menunggu seluruh pesertanya berkumpul, kita duduk di pelataran hall sambil cerita-cerita tentang konser tadi dan minum karena tenggorokan lumayan kering bok sehabis teriak-teriak dan nyanyi-nyanyi selama kurang lebih 2,5 jam.

Berhubung di hari yang sama dengan berlangsungnya konser juga diadakan pameran buku di ICE BSD, jadilah itu parkiran dan pintu keluar maceeettt banget, parah lah pokoknya. Bahkan sampai 2km dari ICE aja macetnya itu masih lumayan, seluruh kendaraan yang keluar seolah merangkak aja saking nggak maju-maju. Mestinya pihak ICE memperkirakan kemungkinan kemacetan ini dan tidak menyelenggarakan dua acara yang sama-sama tinggi animo pengunjungnya dalam waktu yang bersamaan. Mengingat penonton konser yang rata-rata cewek-cewek remaja yang sudah pasti dijemput keluarganya sepulang nonton dan juga pengunjung pameran buku yang sudah pasti banyak keluarga apalagi itu akhir pekan, kebayang dong bejibunnya kendaraan yang keluar dari ICE malam itu. Saya bahkan baru sampai di rumah sekitar jam 01.30 gila nggak sih >.<

Lanjut part 2 yaa ^_^

2 thoughts on “Nonton The Wings Tour 2017 BTS Live Trilogy Episode III in Jakarta-Part I

1. dian berkata:

Hai kaa..
    aku baca ceritanya..
    dan aku ingat bgt pas kejadian lucu yang orang dijendela hotel itu..
    hahah..itu posisi saya baru datng, langsung msuk barisan pas depan hotel..
    betapa beruntungnya saya…

Suka

2. Audrie berkata:

Hahaha ya kan… Beruntung banget gara-gara itu. Dan ngeliat muka mereka yang sadar udah kepancing ninggalin barisan demi penampakan yang gak pasti, priceless (^0^)