Tetiba Sudah Hampir Ganti Tahun

Nggak terasa ya tahun 2016 sebentar lagi mau habis. Biasanya kalau mau pergantian tahun pasti orang-orang pada bikin resolusi untuk tahun yang akan datang. Eh, nggak pernah bikin? Hahaha sama dong kaya saya ^_^. Berhubung sadar diri kalau saya cenderung nggak konsisten menerapkan resolusi, biasanya sih udah males bikin duluan karena tahu paling-paling cuma bertahan sebentar doang. Boro-boro resolusi yang biasanya jangka waktunya panjang, yang jangka pendek aja banyakan buyarnya daripada yang tercapainya >.<

Meskipun nggak punya resolusi tahun baru tetapi saya punya keinginan dan harapan di tahun yang akan datang. Selain itu saya juga melihat kembali bagaimana diri saya di waktu-waktu yang telah lewat, dan ingin menjadi sosok diri saya yang bagaimana di waktu yang akan datang. Self reflection semacam ini sih sebetulnya sudah menjadi sesuatu yang sering saya lakukan, biasanya kalau lagi sendirian atau kalau mau tidur (dan akhirnya malah jadi begadang karena kebanyakan mikir hahahah). Seringnya saya berpikir mengenai apa yang sudah saya lakukan untuk diri saya dan orang lain di sekitar saya, kenapa saya melakukan ini dan itu, bagaimana saya melihat itu semua dan menilai apakah yang saya lakukan itu sudah cukup baik atau masih kurang sehingga perlu diperbaiki.

Kalau diingat-ingat lagi tahun ini sama sekali bukan tahun yang mudah untuk saya, begitu banyak kerikil yang membuat saya tersandung sampai berkali-kali. Rasanya saya belum pernah menjalani tahun sekeras 2016, bahkan beberapa kali saat sedang di depan kaca saya menyadari efek kerasnya tahun 2016; saya melihat diri saya jauh lebih tua sekarang. Tahun ini mengajari saya banyak hal tentang berhati-hati. Hati-hati bukan hanya pada orang lain, tetapi juga hati-hati dengan diri sendiri yang mungkin ceroboh, egois dan besar kepala. Hati-hati dengan ucapan dan tindakan bukan hanya dari orang lain, tetapi juga diri sendiri.

Saya tetap tidak lupa bersyukur atas segala yang jalani di tahun 2016. Pahit manis, ujian maupun kesenangan yang datang menghampiri adalah apa yang membentuk saya menjadi seperti sekarang ini. Pada saat mengalami hal-hal tidak menyenangkan mungkin perasaannya negatif ya, tapi setelah lewat kejadiannya dan kebetulan lagi rewind di kepala biasanya jadi mikir “Oh ternyata memang mesti begini ya..” atau “Oh jadi sebetulnya hikmah dari kejadian waktu itu tuh ini toh..”.

Menutup postingan ini saya ingin mengucapkan Selamat Natal bagi yang merayakannya. Semoga perayaan berlangsung damai dan aman sehingga umat Kristiani dapat beribadah dengan khusyuk. Dan Selamat Tahun Baru untuk kita semua. Semoga tahun 2017 membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua. Amiinn…

NB: Nulis ini diiringin Exo – Miracle in December, both version yang dinyanyiin berempat sama Luhan dan yang cuma bertiga Baekhyun-Chen-D.O.

 

Iklan

2 thoughts on “Tetiba Sudah Hampir Ganti Tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s